Oktober 16, 2015

Bisa Ngapain aja di (Pelabuhan) Kuala Langsa?

Kalau ke Langsa, jangan lupa ke Pelabuhan Kuala Langsa, Kuala Langsa, lebih akrab begitu dari pada nama Pelabuhan Kuala Langsa. Seakan-akan Kuala Langsa sudah menjadi ikon pariwisata di Kota Langsa. Saban hari, pasti ada yang ke sana. Ya... Seakan-akan Kuala Langsa ini ada pemikatnya, maka tak heran, selalu ada saja orang yang ke sana.

Ngapain ke Kuala Langsa?
Ada apa di Kuala Langsa?

Saya akan mengajak anda ke Kuala Langsa dan ngapain aja kalau sudah sampai di Kuala Langsa. Tapi, sebelum saya ajak anda ke sana, ada baiknya saya jelaskan sedikit tentang Kuala Langsa ini.

Pelabuhan Kuala Langsa atau yang lebih familiar dengan nama Kuala Langsa ini terletak di Kota Langsa, untuk menuju ke sana, hanya butuh 15-25 menit dari pusat kota jika dengan kendaraan bermotor. Kuala Langsa adalah satu-satunya pelabuhan yang terhubung dengan luar negeri, seperti Malaysia. Pelabuhan ini pernah dijadikan jalur pelayaran jalur laut antara Kota Langsa - Penang, namun pelayaran ini terhenti karena kurangnya minat penumpang untuk menggunakan jalur transportasi ini yang mungkin dikarenakan waktu tempuh yang lumayan lama kurang lebih 8 jam. Pelabuhan ini juga sering digunakan sebagai pelabuhan transit untuk kapal-kapal yang ingin mengisi bahan bakar, menyuplai bahan makanan, dan juga melaspakan muatan. Inilah sebenarnya fungsi pelabuhan ini. Namun, tak bisa dihindari. Tempat ini sebenarnya menyimpan ketertarikan tersendiri bagi para masyarakat maupun pengunjung, sehingga turut dijadikan obejek wisata. Nah itulah dia overview Pelabuhan Kuala Langsa.

Sekarang saya akan mengulas ada apa saja dan apa yang bisa dilakukan di Kuala Langsa? Berikut ulasannya.

Jalan-jalan sambil makan-makan, jalan menuju Kuala Langsa dari pusat kota adalah sekitar 8 km, selama perjalanan anda akan melihat areal tambak dan juga perumahan di sana, sesekali terdapat kafe-kafe dipinggir jalan yang menjual Mie Aceh Kepiting, jangan lupa mampir, karena rasanya enak sekali. Hampir tiba di pintu masuk Kuala Langsa, anda akan melewati hutan magrove di kiri dan kanan, di sekitar hutan itu juga terdapat kafe-kafe yang berjualan.
Pertambakan warga
Mie Aceh Kepiting, Enak Banget!!!

Kehidupan Mangrove, di hutan mangrove anda akan melihat pohon bakau yang mejuntai tinggi ke atas, habitat kera/monyet ada di sana, sesekali mereka turun untuk mencari makan atau mengharap kepada pengunjung barangkali ada yang melempar makanan kepada mereka. Oleh karena itu, sebelum menuju ke Kuala Langsa, ada baiknya anda membeli pisang atau kacang-kacangang yang nantinya anda bagikan kepada monyet-monyet di sana. Tetap berhati-hati, tidak semua monyet di sana ramah dengan manusia.
Monyet yang baru bangun tidur
Keluarga Monyet

Menikmati Pemandangan di Pelabuhan, sebelum masuk ke areal pelabuhan, anda akan menjumpai pintu masuk tempat ini, sesekali ada yang menjaga, itu berarti anda harus membayar tiket masuk. Cukup Rp. 2000 untuk satu kendaraan. Setelah melewati pintu masuk, tempat ini seperti terminal kosong, karena ada areal yang luas, tempat ini dijadikan tempat parkir truk kontainer. Untuk menikmati pemandangan di pelabuhan, anda harus belok kanan dan teruskan kendaraan anda di areal docking kapal. Jika cuaca cerah, pemandangan akan lebih indah, langit biru, angin semilir dan juga suara-suara boat yang datang pergi di sekitar pelabuhan. Tempat ini sering ramai ketika akhir pekan, para pengunjung membawa serta keluarga mereka, ada juga yang membawa teman-teman dan pasangan mereka.
Liburan bersama keluarga
Laut Kuala Langsa
Memancing, kebanyakan kaum laki-laki yang sering memancing di pelabuhan ini. Untuk mendapatkan umpannya, banyak para penduduk yang menjual umpan ikan, yaitu udang yang masih hidup, anda bisa menemui penjual udang ini di sepanjang jalan menuju Kuala Langsa.
Yang hobi mancing
Pastinya Hunting Foto, ramai bagi mereka yang suka fotografi, tempat ini juga dijadikan sebagai tempat hunting foto, apalagi kalau didukung dengan cuaca yang cerah, hasil foto juga akan tampak sangat bagus. Saya juga suka fotografi, dan tempat ini sering saya jadikan untuk hunting sunrise dan terkadang saya datang ke sini pada hari sibuk seperti hari senin, karena hanya sedikit orang yang datang, dan foto yang dipotretpun kelihatan lebih bagus.
Kuala Langsa
Masih ada satu lagi yang berlum saya sebutkan, sebenarnya ini termasuk jarang dilakukan para pengunjung yang datang ke tempat ini. Saya akan membahasnya di lain waktu, jangan negatif dulu, karena kegiatan yang satu ini sebenarnya seru kalau dilakukan bersama teman-teman anda.

 See ya fellas!

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar